.

Senin, 25 September 2017

Kenalan Sama Bahan Baku Keramik (FRIT) yuk!

Produk Keramik (FRIT)

Pada zaman sekarang teknologi sudah semakin berkembang sangat pesat. Pada zaman dahulu pembuatan keramik bahan mentahnya hanya menggunakan bahan baku tanah liat atau lempung.
Lempung diperoleh dari tempat-tempat penggalian lempung. Lempung adalah hasil pelapukan dari batuan keras (beku) dan merupakan batuan sedimen. Sedangkan bahan tambahan untuk lempung adalah pasir dan kapur dimana pasir berfungsi untuk mengurangi penyusutan berlebihan, penambahan kapur ke dalam lempung dimaksudkan sebagai bahan pengikat glasir dari bahan keramik. Proses tersebut sudah lebih modern karena sudah ada bahan tambahan yang di proses melalui industri kimia. Ada juga bahan baku produk keramik yang semakin modern yaitu bahan baku keramik frit. Bahan baku keramik frit ini di buat di cina dan dipasarkan oleh perusahan terkenal di dunia yaitu PT Alibaba.

Frit adalah kombinasi flux yang larut dengan air, seperti Alkali Carbonate, nitrat, Borate dll, dengan silica, kemudian dibakar, menjadi leleh dan dibentuk seperti kristal kaca, yang tidak larut air lagi. Bahan yang tadinya mengandung racun, seperdi Lead, bisa dikurangi setelah menjadi frit. Bahan baku keramik ini tidak bisa lagsung digunakan karena jika langsung digunakan maka frit akan larut. Frit haru\us terlebih dahulu di leburkan atau lelehkan sehingga menjadi padatan. Menurut Fitria pembuatan frit atau kaca email, serupa dengan tahap pertama pembuatan kaca biasa. Bahan baku di campur dalam perbandingan tertentu dan dimasukan didalam tanur peleburan dan dijaga pada suhu kira-kira 13700C selama 1 sampai 3 jam. Setelah keseluruhan masa mencair seragam, campuran tersebut dituangkan keluar dari tanur kedalam tangki pendingin kejut (kuens) yang berisi air dingin, sehingga leburan hancur menjadi jutaan pecahan halus. Karena sudah dibakar ( calcined ), bahan Frit kalau dibakar tidak menyusut lagi. Jadi kalau diglasir akan mengurangi susut bakar glasir, bisa mengatasi kalis ( crawling ) dan Retak Seribu ( Crazing ). Bahan baku frit ini bisa digunakan pada clay body dan glasir.
Kelebihan bahan baku keramik frit yaitu
·         Tidak mudah  larut
·         Kandungan timbal oksida timah (sekitar 50%)

·         Transparansi tinggi dan glossy

Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.