.

Sabtu, 10 Desember 2016

12 PRINSIP KIMIA HIJAU

   













PENGERTIAN KIMIA HIJAU


Kimia hijau, juga disebut kimia berkelanjutan, adalah filsafat penelitian dan rekayasa/teknik kimia yang menganjurkan desain produk dan proses yang meminimasi penggunaan dan penciptaan senyawa-senyawa berbahaya.
[1] Sementara kimia lingkungan adalah cabang kimia yang membahas lingkungan hidup dan zat-zat kimia di alam, kimia hijau justru berupaya mencari cara untuk mengurangi dan mencegah pencemaran pada sumbernya. Pada tahun 1990 Pollution Prevention Act (Undang-Undang Pencegahan Pencemaran) telah disahkan di Amerika Serikat. Undang-undang ini membantu menciptakan modus operandi untuk berurusan dengan pencemaran secara inovatif dan asli. Undang-undang ini bertujuan untuk mencegah masalah sebelum mereka terjadi.

  
 KONSEP KIMIA HIJAU

    kimia hijau telah muncul di Amerika Serikat sebagai program penelitian umum yang dihasilkan dari kerjasama interdisipliner tim universitas , kelompok riset independen , industri , masyarakat ilmiah dan lembaga pemerintah , yang masing-masing memiliki program sendiri yang ditujukan untuk mengurangi polusi . Kimia hijau menggabungkan pendekatan baru untuk sintesis , pengolahan dan penerapan sub – sikap kimia sedemikian rupa untuk mengurangi ancaman terhadap kesehatan dan lingkungan . Pendekatan baru ini juga dikenal sebagai :
• Kimia ramah lingkungan
• Kimia Bersih
• Ekonomi Atom
• Kimia jinak -by -design

    Kimia hijau umumnya disajikan sebagai satu set dua belas prinsip yang diusulkan oleh Anastas dan Warner . Prinsip-prinsip terdiri dari petunjuk untuk kimiawan profesional untuk menerapkan senyawa kimia baru , sintesis baru dan proses teknologi baru .

Prinsip pertama menggambarkan ide dasar dari kimia hijau – melindungi lingkungan dari pencemaran . Prinsip-prinsip yang tersisa berfokus pada isu-isu seperti ekonomi atom , toksisitas , pelarut dan media lain yang menggunakan konsumsi tion energi , penerapan bahan baku dari sumber yang terbarukan dan degradasi produk kimia untuk , zat beracun sederhana yang ramah bagi lingkungan .
12  PRINSIP KIMIA HIJAU
  1. Pencegahan
    Lebih baik mencegah daripada limbah untuk mengobati atau membersihkan limbah setelah telah dibuat .
  2. Atom Ekonomi
    Metode sintetis seharusnya didesain untuk memaksimalkan penggabungan semua bahan yang digunakan dalam proses tersebut menjadi produk akhir .
  3. Kurang Bahan kimia berbahaya Sintesis
    Dimanapun praktis , metode sintetis seharusnya didesain untuk memakai dan membuat zat yang memiliki menyala – tle atau toksisitas terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.
  4. Merancang Aman Chemicals
    Produk kimia seharusnya didesain untuk mempengaruhi fungsi yang diinginkan dan meminimalkan toksisitas .
  5. Pelarut lebih aman dan Produk Tambahan
    Penggunaan zat tambahan ( misalnya pelarut , agen yang terpisah ransum , dll ) seharusnya tidak perlu wherev – er mungkin dan tidak berbahaya bila digunakan .
  6. Desain untuk Efisiensi Energi
    Kebutuhan energi dari proses kimia harus diakui untuk dampak lingkungan dan ekonominya dan seharusnya diminimalisasi . Jika memungkinkan , metode sintetis harus dilakukan pada suhu kamar dan tekanan .
  7. Penggunaan Bahan baku Terbarukan
    Bahan mentah seharusnya dapat diperbaharui daripada depleting kapan teknis dan economi -Cally praktis .
  8. Mengurangi Derivatif
    Yang tidak perlu ( penggunaan kelompok memblokir , proteksi / deproteksi , modifikasi sementara proses / kimia faktor-faktor fisik ) harus dikurangi atau dihindari – ed jika mungkin , karena langkah-langkah seperti ini membutuhkan reagen tambahan dan dapat menghasilkan limbah .
  9. Katalisis
    Reagen Catalytic ( seselektif mungkin ) adalah supe – rior untuk reagen stoikiometri .
  10. Desain untuk Degradasi
    Produk kimia seharusnya didesain jadi pada akhir fungsi mereka, mereka terurai menjadi berbahaya produk degradasi – tion dan tidak bertahan dalam lingkungan .
  11. Analisis real-time untuk Pencegahan Pencemaran
    Metodologi analisis perlu lebih dikembang-kan untuk memungkinkan real-time , dalam proses monitoring dan kontrol sebelum pembentukan zat berbahaya .
  12. Inheren Aman Kimia Pencegahan Kecelakaan
    Zat dan bentuk zat yang dipakai dalam proses kimia harus dipilih untuk meminimalkan po – bangkan untuk kecelakaan kimia , termasuk siaran , daya eksploratif -keputusan , dan kebakaran .
PENGAJARAN UNTUK GREEN CHEMISTRY.
  Aturan utama : Pengajaran harus selaras dengan praktek .
Pertanyaan tentang bagaimana mendidik generasi masa depan kimia yang memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk prakteknya kimia ramah lingkungan terletak di pusat materi pendidikan yang berhubungan dengan kimia hijau .
Pendidikan sangat penting dalam populariza – tion kimia hijau . Disadari baik di tingkat akademis dan pada tingkat pro – lingkungan pendidikan -tion untuk kalangan luas masyarakat . Kimiawan muda skr – rently berkenalan dengan metode baru organik sintesis com – pon bukan metode tradisional dan dengan teknik kimia analitik baru yang memungkinkan mereka sebagai – sess keadaan pencemaran lingkungan dalam peningkatan jumlah sekolah yang tinggi . – Tions lembaga internasional yang berbeda , yaitu American Chemical Society ( ACS ) dan Pol – ish Chemical Society ( PTChem ) , aktif dalam bahan penerbitan yang mempromosikan aturan dan prestasi kimia hijau . Program kimia hijau harus mengarah pada keberlanjutan dengan merancang dan menggunakan metode di mana bahan baku alami akan diproses secara ekonomis , penggunaan rasional sumber energi , penghapusan gas berbahaya , limbah cair dan padat dan dengan di – troduction produk keamanan bagi manusia . Mempopulerkan kimia hijau di sekolah , di antara para pekerja di pabrik industri kimia dan distributor produk kimia juga sangat penting . Penggunaan luas hijau prestasi kimia akan memungkinkan kita untuk menyeimbangkan eco – de – Pembangunan menguntungkan bagi masyarakat , ekonomi dan ENVI – ronment . Materi pendidikan banyak , tersedia saat ini di pasar dan di Internet , sangat berguna dalam mengajar sehari-hari kimia hijau prinsip -prinsip
Kesimpulan
     Kimia hijau bukanlah cabang baru ilmu pengetahuan . Ini adalah pendekatan filosofis baru yang melalui aplikasi dan perpanjangan prinsip-prinsip kimia hijau dapat berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan . Saat ini sangat mudah untuk menemukan dalam literatur banyak contoh menarik dari penggunaan aturan kimia hijau . Mereka diterapkan tidak hanya dalam sintesis ,pengolahan dan penggunaan bahan kimia com – pound . Banyak metodologi analisis baru juga de-jelaskan yang direalisasikan sesuai dengan aturan kimia hijau . Mereka sangat berguna dalam melakukan proses kimia dan dalam evaluasi dampak terhadap lingkungan . Penerapan teknik persiapan sampel yang tepat , ( misalnya SPME , SPE , ASE ) memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat – tingkat analisis . Upaya-upaya besar masih dilakukan untuk merancang sebuah proses yang ideal yang dimulai dari non-polusi bahan awal , menyebabkan tidak ada produk sekunder dan tidak memerlukan pelarut untuk melaksanakan konversi kimia atau untuk mengisolasi dan pu – rify produk. Namun, teknologi yang lebih ramah lingkungan teman – ly pada tahap penelitian tidak menjamin bahwa mereka akan diimplementasikan pada skala industri . Adop – tion metode ramah lingkungan dapat facilitat – ed oleh fleksibilitas yang lebih tinggi dalam peraturan , program-program baru untuk memfasilitasi transfer teknologi antara lembaga-lembaga akademik , pemerintah dan industri dan insentif pajak untuk teknologi im – plementing bersih .Selain itu , keberhasilan kimia hijau tergantung pada pelatihan dan pendidikan generasi baru ahli kimia . Siswa di semua tingkatan harus diperkenalkan dengan filosofi dan praktek kimia hijau . Akhirnya , mengenai peran pendidikan dalam kimia hijau
TANTANGAN TERBESAR GREEN CHEMISTRY ADALAH UNTUK MENGGUNAKAN ATURAN PERUSAHAAN DALAM PRAKTEK

Daftar Pustaka :

4 komentar:

  1. @A15-Raniyah

    Poin 3

    1. Artikel dan mindmap sudah bagus dan terlihat hidup
    2. Apa saja atom ekonomi dalam sehari hari?

    BalasHapus
  2. @A27-RINALDI

    POIN 3

    Artikel jelas dan mindmapnya bagus, 👍🏽

    BalasHapus
  3. @A31-ALAM

    POIN 3

    komentar :Artikel dan mind maap nya sangat baik mudah di mengerti

    BalasHapus
  4. @A18-FAKHRIZAL

    POIN 3

    Artikel mudah di pahami dan mand mapnya menarik

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.