.

Jumat, 05 Agustus 2016

Efek Rumah Kaca Sebagai Dampak Pencemaran Udara





Menurut catatan Salim (2002), pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia. 
Segala bahan padat, gas, cair, panas, mikroorganisme yang ada di udara dan dapat menimbulkan gangguan terhadap kualitas kehidupan disebut polutan udara.

Penyebab Efek Rumah Kaca :
  1. Tingginya emisi gas rumah kaca
  2. Kerusakan hutan dan lahan
  3. Energi yang tidak ramah lingkungan dan pembuangan limbah.

Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global.
Dampak dari pemanasan global adalah:
    1. Pencairan es di kutub
    2. Perubahan iklim regional dan global
    3. Perubahan siklus hidup flora dan fauna
  • Efek rumah kaca yaitu peristiwa alamiah yang terjadi akibat pantulan panas di dalam rumah kaca yang digunkan petani menananm sayuran pada musim dingin di negara 4 musim. Sisa panas dari matahari yang seharusnya dikeluarkan ke atmosfer, dipantulkan kembali panas tersebut oleh bilik kaca dan atap kaca sehingga suhu udara di dalam bilik kaca (ruangan) tersebut naik dan menjadi hangat. Pantulan panas kembali ke ruangan yang menjadikan suhu dalam ruangan hangat disebut dengan efek rumah kaca.
  • Bagaimanakah proses terjadinya efek rumah kaca di bumi ?
  • Disekeliling bumi terdapat lapisan  selimut yang terbentuk karena adanya gas rumah kaca dan partikel melayang – layang di atmosfer bumi. Lapisan di atmosfer bumi ini memantulkan kembali panas dari bumi sehingga lapisan atau selimut yang terbentuk karena adanya rumah kaca dan partikel yang melayang – layang di atmosfer bumi hanya memberikan kontribusi yang relatif kecil terhadapnya.
  • Jika gas rumah kaca terlepas ke atmosfer dan sampai pada ketinggian toposfer. yang akan terbentuk ialah lapisan selimut atau rumah kaca yang menyelimuti bumi.Partikel yang melayang-layang di atmosfer bumi berasal dari letusan gunung berapi berupa abu vulkanik atau debu. Saat melayang-layang di atmosfer bumi sebelum kemudian jatuh ke bumi, debu atau abu vulkanik tersebut sebagai lapisan selimut yang menyelimuti bumi.
  • Rumah kaca inilah yang akan memantulkan sebagian panas dari bumi kembali lagi ke bumi, sehingga atmosfer dan bumi menjadi hangat. Bila hal ini terus berlanjut,maka dampak efek rumah kaca yang terjadi adalah dunia terancam mengalami pemanasan global.
 Gas rumah kaca adalah gas yang timbul secara alamiah dan merupakan akibat kegiatan industri. Contoh gas rumah kaca :

1.    Karbon dioksida
2.    Metana
3.    Nitrogen oksida


Efek rumah kaca menurut H. J. Mukono biasa juga disebut sebagai the greenhouse effect yang berpengaruh terhadap kehidupan di bumi yang memerlukan energi dan radiasi panas matahari. Radiasi panas bergelombang pendek (0,3 sampai dengan 3 um) yang ditangkap dan diserap oleh atmosfer bumi, menjadi penyebab suhu di atmosfer bumi meningkat. Sebagian radiasi panas ini akan diteruskan ke ruang angkasa dan sebagian akan diserap oleh permukan bumi. Radiasi dengan panjang gelombang 3 sampai dengan 100 um selain akan menyebabkan pemanasan atmosfer bumi, akan diserap juga oleh permukaan bumi

Para pakar klimatologi memperkirakan bahwa suhu atmosfer bumi telah naik rata-rata sebesar 0,5 derajat celcius dari 100 tahun yang lalu. Pendapat tersebut juga didukung berdasarkan pengamatan 30 tahun terakhir ini, yaitu terjadi kenaikan suhu rata-rata udara di seluruh dunia sebesar 2 derajat celcius. Pada beberapa bagian belahan bumi ada kenaikan suhu rata-rata udaranya lebih besar dari 2 derajat celcius, misalnya kota bandung mencapai hampir 4 derajat celcius, kota jakarta 5 derajat celcius. Kenaikan suhu rata-rata tersebut akan terus bertambah bila tidak ada usaha pencegahan pemanasan global ini. Ini berarti bahwa bencana benar-benar mengancam umat manusia. Bencana tersebut yaitu berupa dampak pemanasan global akibat efek rumah kaca.

Pencegahan Efek Rumah Kaca :
1.    Penananaman pohon per tahun bisa menurunkan emisi gas rumah kaca.
2.    Pengendalian kebakaran hutan dan lahan
3.    Pengelolaan sistem jaringan dan tata air
4.    Rehabilitasi hutan dan lahan
5.    Pengggunaan energi ramah lingkungan dan transportasi yang efisien.

Daftar Pustaka : 
Wisnu Arya Wardhana, 2010. Dampak Pemanasan Global. Penerbit CV Andi
Offset : Yogyakarta.
Akhadi, M. 2013. Isu Lingkungan Hidup. Graha Ilmu. Jakarta.
Alamendah. 2014. Sumber dan Penyebab Pencemaran Udara.
http://alamendah.org/2014/08/07/penyebab-pencemaran-udara/ 



Dikutip Link : 
http://mr-kazikame.blogspot.co.id/2013/05/efek-rumah-kaca-penyebab-dan-cara.html
http://www.pengertianpakar.com/2015/04/pengertian-dan-proses-terjadinya-efek-rumah-kaca.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.